NEWS & UPDATES

Minta Dukungan, Bupati Rendra Kresna Presentasikan KEK Singosari di Hadapan Gubernur

MALANGTIMES - Proses pembentukan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Singosari yang sejak beberapa bulan lalu terus digodok oleh berbagai pemangku kepentingan, kini telah sampai pada tahap penyampaian kepada Gubernur Jawa Timur (Jatim).

Melalui presentasi yang langsung disampaikan orang nomor satu di Kabupaten Malang kepada Gubernur Jatim, KEK Singosari yang tinggal menunggu pengesahan dari Presiden RI ini, mendapat dukungan penuh.

"Pak Gubernur sangat mendukung KEK Singosari. Beliau berharap agar segera ada tindaklanjut dari Dewan KEK untuk penetapan presiden," kata Tomie Herawanto, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Malang, Jumat (03/11).

Didampingi para pejabat teras Kabupaten Malang dan pengembang KEK Singosari PT. Intelegencia Graha Tama, Bupati Malang menyampaikan bahwa proses penunjukan Singosari sebagai KEK oleh kementerian pariwisata beberapa bulan lalu, telah ditindaklanjuti dengan berbagai pertemuan, koordinasi serta pemetaan teknis lainnya.

"Proses mulai dari kajian dan sebagainya telah berjalan. Lahan sekitar 200 hektare dan investor sudah siap. Rencana anggaran yang mencapai 10 triliyun rupiah sudah juga dihitung. Progresnya sudah sekitar 70 persen," kata Dr H Rendra Kresna kepada MalangTIMES.

Kesiapan Pemerintah Kabupaten Malang dalam mewujudkan KEK Singosari juga sudah dijalankan. Khususnya dalam mempersiapkan masyarakat (people) sekitar yaitu di Desa Langlang, Klampok, dan Purwosari, lingkungan (planet)  dan  profit (ekonomi) nya. Selain kesiapan untuk mempermudah berbagai layanan perizinan yang nanti dibutuhkan investor.

"Jadi semua tahapan sudah berjalan, tinggal menunggu penetapan presiden. Karena itu kita sampaikan hal ini kepada Gubernur Jatim hari ini," ujar Rendra.

Sesuai regulasi yang ada dalam menetapkan suatu wilayah menjadi KEK yaitu  Pasal 7 Peraturan Pemerintah (PP)  Nomor 2 Tahun 2011 selain harus sesuai dengan RTRW daerah dan tidak berpotensi mengganggu kawasan lindung/sejarah, juga adanya dukungan pemerintahan provinsi setempat.

Karena hal itulah, dukungan Gubernur Jatim yang sekaligus nantinya sebagai kepanjangan pemerintah yang akan menindaklanjuti proses lanjutan dari pembangunan KEK Singosari. Yaitu berupa rekomendasi yang akan disampaikan secara berjenjang ke kementerian koordinator perekonomian sebelum penetapan oleh presiden.

"Harapannya, di tahun 2018 proses pembangunan KEK Singosari bisa mulai dilaksanakan," ujar Tomie yang juga mengatakan bahwa nantinya di KEK Singosari akan berdiri area bisnis, perdagangan, pendidikan, rumah sakit dan pariwisata dalam satu kawasan. 

"Dalam satu kawasan akan ada berbagai layanan dan fasilitas ekonomi dan pariwisata, kesehatan serta pendidikan. Dampaknya tentu akan mendongkrak kesejahteraan masyarakat Kabupaten Malang," kata mantan Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Malang tahun 2016 ini.

Beberapa prasyarat lain yang disampaikan Rendra kepada Pakde Karwo dalam mewujudkan KEK Singosari adalah letak wilayah  yang berdekatan dengan jalur perdagangan internasional dan wilayah sumberdaya unggulan.  Selain itu, kawasan KEK harus memiliki aksesibilitas dan konektivitas dengan dukungan infrastruktur.

"Dan semua yang diprasyaratkan tersebut sudah kita penuhi. Alhamdulillah Pak Gubernur juga mendukungnya penuh," pungkas Rendra.

11 February 2018

Feb

11

2018

KEK Singosari Diperkirakan Tarik Investasi Rp30 Triliun

Bisnis.com, MALANG—Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Singosari, Kab. Malang, Jawa Timur, diperkirakan akan menyerap investasi Rp30 triliun jika telah ditetapkan Presiden dan beroperasi.

Direktur Utama PT Intelegensia Grahatama, pengembang Singhasari Residence sekaligus pengusul KEK Pariwisata Singosari, David Santoso, mengatakan usulan untuk menjadikan kawasan di dae. . . .

read more

Mar

01

2010

KEK SINGOSARI BAKAL LAUNCHING BARENG TOL MAPAN

SINGOSARI, RADARMALANG – Optimisme membuat Singosari menjadi KEK (kawasan ekonomi khusus) ke-12 yang terbentuk di Indonesia sudah melewati tahapan cukup panjang. Meski luasan lahan yang diajukan ”hanya” 300 hektare, tapi nilai investasi yang digadang-gadang bakal masuk tidak akan kalah dari KEK daerah lain.

Investor KEK Singosari sekaligus Direk. . . .

read more

Jun

21

2015

Singhasari Culture & Culinary Festival

Menyadari bahwa daerah Singhasari memiliki kekuatan nilai budaya bangsa, Singhasari Residence menggelar acara seni budaya yang dirangkum dalam acara Singhasari Culture dan Culinary Festival 2015. Acara yang diadakan pada tanggal 5 - 7 Juni 2015 ini diadakan di lokasi Singhasari Residence, Museum Singhasari, dan Candi Sumberawan. Singhasari Residence mengundang sejumlah pelaku seni, mulai d. . . .

read more