NEWS & UPDATES

KEK Singosari Angkat Konsep Heritage

MALANG, KOMPAS.com - Meski belum ditetapkan oleh pemerintah pusat, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Singosari di Kabupaten Malang ditargetkan beroperasi pada tahun 2020. Rencananya, KEK dengan luasan lahan sekitar 300 hektar itu akan mengangkat konsep heritage. Hal itu sesuai dengan kondisi Malang yang memiliki banyak peninggalan sejarah.

"Yang akan diangkat di KEK Singosari ini, pertama adalah heritage. Kemudian yang kedua budaya. Dan di belakang itu kan juga ada hutan pendidikan punya Universitas Brawijaya. Kemudian juga di Gunung Arjuno itu ada 159 situs Kerajaan Majapahit," kata Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayananan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Provinsi Jawa Timur, Lili Soleh Wartadipraja di Pendopo Kabupaten Malang, Kamis (18/1/2018).

Ia mengatakan, proses pembangunan KEK Singosari akan lebih cepat dibandingkan dengan KEK di daerah lain. Sebab, lahan untuk KEK Singosari sudah tersedia dan sudah sesuai dengan Rancangan Tata Ruang dan Wilayah yang ada di Kabupaten Malang.

Karenanya, setelah mendapat penetapan dari Presiden Joko Widodo, proses selanjutnya adalah pengisian lahan yang sudah tersedia.

"Kalau sudah ada penetapan dari pemerintah pusat kemudian nanti kita akan mengisinya baik secara fisik maupun juga SDM-nya," ungkapnya.

Sekedar untuk diketahui, lahan seluas sekitar 300 hektar di Kecamatan Singosari yang akan ditetapkan menjadi KEK merupakan milik PT Intelegensia Graha Tama (IGT). Perusahaan swasta itu akan bekerjasama dengan PT Indonesia Tourism Development Corporate (ITDC) untuk membangun KEK Singosari.

Artikel asli

01 June 2016

Feb

11

2018

KEK Singosari Diperkirakan Tarik Investasi Rp30 Triliun

Bisnis.com, MALANG—Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Singosari, Kab. Malang, Jawa Timur, diperkirakan akan menyerap investasi Rp30 triliun jika telah ditetapkan Presiden dan beroperasi.

Direktur Utama PT Intelegensia Grahatama, pengembang Singhasari Residence sekaligus pengusul KEK Pariwisata Singosari, David Santoso, mengatakan usulan untuk menjadikan kawasan di dae. . . .

read more

Feb

11

2018

Minta Dukungan, Bupati Rendra Kresna Presentasikan KEK Singosari di Hadapan Gubernur

MALANGTIMES - Proses pembentukan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Singosari yang sejak beberapa bulan lalu terus digodok oleh berbagai pemangku kepentingan, kini telah sampai pada tahap penyampaian kepada Gubernur Jawa Timur (Jatim).

Melalui presentasi yang langsung disampaikan orang nomor satu di Kabupaten Malang kepada Gubernur Jatim, KEK Singosari yang tinggal menunggu. . . .

read more

Jun

21

2016

Upaya Percepatan Destinasi Singhasari

AntaraJatim.com - Pada tanggal 23 Juni 2016 meliput proses penandatanganan nota kerjasama (MOU) yang dilakukan oleh Direktur Utama PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), Abdulbar M Mansoer yang disaksikan oleh owner Singhasari Residence, David Santoso dan Bupati Malang, Rendra Kresna. Acara yang dilakukan di Pendopo Kabupaten M. . . .

read more